Jumat, 06 Januari 2012

Memakai headsett saat tidur tidak baik

Posted by Maulana Syarif HIidayatulloh in - 0 komentar

        Di zaman modern ini sangat banyak teknologi yang bermunculan. Berbagai gadget yang tingkat kecanggihannya semakin tinggi selalu di kenalkan kepada khalayak. Namun salah satu accessories pendukung untuk gadget yang ada sekarang ini adalah headset. Tak sedikit orang dewasa bahkan anak-anak yang memakai headset untuk mendengarkan musik. Bentuknya yang simple membuat semua orang nyaman dalam mendengarkan musik. Tapi tak sedikit pula yang melakukan kebiasaan seperti tidur sambil mendengarkan musik melalui headset, atau menonton televisi sampai tertidur, atau membiarkan lampu di ruangan tidur menyala terang.
Sebenarnya hal tersebut aman atau tidak ya??
Memang sulit menghilangkan kebiasaan yang membuat kita cepat tertidur, tapi setelah tahu kabar berikut apakah anda tidak ingin merubah kebiasaan anda??
        Benar, banyaknya alat elektronik yang menyala akan membuat kita cepat lelah dan mengantuk. Tetapi pada kenyataannya setelah terbangun mereka merasa lebih tegang (stress) dan capek.
Kenapa hal tersebut bisa terjadi??
       Hal itu terjadi karena pada saat kita tidur sebenarnya otak kita tidak pernah tidur. Otak selalu menjalankan aktifitasnya walaupun tidak sesibuk seperti di saat bangun, yaitu menjalankan metabolisme tubuh. Pada malam hari, seiring menurunnya aktifitas tubuh, ritme gelombang otak pun mengalami penurunan. Namun apabila kita tidur sambil mendengarkan musik, televisi dalam keadaan hidup atau lampu ruangan sedang menyala terang, maka gelombang suara atau cahaya yang dipancarkan oleh peralatan tersebut tetap diterima oleh indera pendengaran dan penglihatan kita. Gelombang suara diterima oleh alat pendengaran di dalam telinga dan gelombang cahaya tetap dapat menembus kelopak mata dan diterima oleh retina dan lensa mata. Gelombang-gelombang tersebut akan diteruskan ke otak kita. Otak yang harusnya beristirahat akan kembali terangsang untuk bekerja dan mengolah informasi yang masuk. Apabila hal ini berlangsung sepanjang malam, berarti kita hanya tidur menurut tubuh luar, tetapi tidak menurut otak. Otak akan terus bekerja mengolah informasi yang masuk tersebut.
Dari penjelasan di atas, sudah cukup jelas bahwa sangat tidak baik jika elektronik di pakai secara berlebihan. Mulai sekarang, matikan semua alat elektronik ketika hendak tidur karena itu bisa melelahkan otak. Sayangi tubuh anda dan jangan sia-siakan kesehatan anda!!

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Partners

About